Waspadalah, Tumit Pecah-pecah Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini

Tumit pecah-pecah merupakan masalah yang dapat mengganggu penampilan. Selain mengganggu penampilan, berjalan dengan tumit pecah-akan terasa sakit dan menyiksa.

Rasa sakit semakin parah ketika seseorang mimiliki berat badan berlebih. Ternyata, tumit kering atau pecah-pecah bisa menjadi pertanda penyakit tertentu.

Penyakit tersebut yaitu diabetes mellitus atau hipotiroidisme, yang dapat mengurangi keringat, sehingga membuat kulit kaki mudah kering.

Eksim dan psoriasis, bisa menjadi penyebab kulit tumit pecah-pecah.

Dalam kasus yang paling parah, tumit yang pecah-pecah berujung pada tumit berdarah dan meradang.

Umumnya, pengobatannya kita dapat melakukannya sendiri, dengan mengoleskan pelembab kulit tumit. Ataupun Moms bisa mencoba beberapa cara dibawah ini.

Madu
Madu bisa berfungsi sebagai obat alami untuk tumit yang pecah-pecah. Menurut penelitian, madu memiliki sifat antimikroba dan antibakteri.

Madu dapat membantu menyembuhkan dan membersihkan luka, dan melembapkan kulit.

Bagi Moms yang mengalami tumit pecah-pecah bisa menggunakan madu sebagai lulur kaki setelah berendam, atau mengaplikasikannya sebagai masker kaki semalaman.

Minyak Kelapa
Minyak kelapa sering direkomendasikan untuk mengatasi kulit kering, eksim hingga psoriasis.

Minyak kelapa ini dapat membantu kulit mempertahankan kelembapan.

Menggunakan minyak kelapa setelah merendam kaki bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi masalah tumit yang pecah-pecah.

Sifat anti-inflamasi dan antimikroba dari minyak kelapa, juga dapat mencegah tumit yang pecah-pecah mengalami perdarahan atau infeksi.

Bahan Alami Lainnya
Sebenarnya, ada banyak pengobatan rumahan lain untuk mengatasi tumit pecah-pecah.

Sebagian besar bahan yang dapat mengatasi tumit pecah-pecah ini umumnya berfokus untuk melembabkan kulit.

Bahan lain itu termasuk cuka (untuk merendam kaki); minyak zaitun, shea butter, pisang yang ditumbuk (untuk melembapkan kulit kaki); lilin parafin (untuk menyegel kelembapan), dan oatmeal dicampur dengan minyak (untuk pengelupasan kulit).

Sumber: nakita.grid.id

Leave a Reply