Tak Perlu Buru-buru Operasi, 9 Tanaman Ini Ampuh Atasi Ambeien, Praktis dan Gampang Ditemukan!

Tak Perlu Buru-buru Operasi, 9 Tanaman Ini Ampuh Atasi Ambeien, Praktis dan Gampang Ditemukan!
istimewa/kolase Sripoku.com

Ambeien merupakan penyakit yang terdapat pada daerah anus atau dubur yaitu terjadi pembengkakan pembuluh darah pada area tersebut.

Hal ini terjadi disebabkan oleh terjadinya peningkatan tekanan dalam pembuluh darah vena di sekitar anus atau dubur yang menghalangi aliran darah menuju anus.

Penyakit ambeien bisa disebabkan karena seseorang yang susah buang air besar atau seseorang yang duduk dalam posisi yang sama, waktu yang lama, dan terlalu sering.

Bisa juga diakibatkan karena terlalu sering mengangkat beban yang berat, mengejan terlalu keras, obesitas, kebutuhan serat dalam tubuh yang tidak terpenuhi, batuk terus menerus, dan makan makanan yang terlalu pedas.

Adapun penderita ambeien akan merasakan gejala-gejala di bawah ini :

– Adanya benjolan di anus
– Terkadang terjadi pendarahan ketika buang air besar
– Panas dan gatal pada anus atau dubur
– Kesakitan ketika buang air besar
– Keluarnya lendir ketika buang air besar
– Kesulitan buang air besar

Jika sampai pada tahap terjadi pendarahan saat buang air besar, itu pertanda ambeien yang diderita sudah tergolong parah.

Memang Ambeien tidak termasuk dalam kategori penyakit mematikan, tapi bisa berakibat fatal jika infeksi ambeien meluas sehingga menyebabkan gangguan pada sistem saraf.

Namun bagi penderita ambeien tak perlu buru-buru untuk melakukan tindakan operasi.

Kita bisa menggunakan 9 tanaman ini untuk mengobati ambeien dengan cepat. Tanaman ini biasanya tumbuh di sekitar tempat tinggal kita dan mudah ditemukan.

Apa saja? berikut ulasannya!

1. Cara mengobati ambeien dengan urang-aring

Seringkali kita mengetahui manfaat dari Urang-aring sebagai cara untuk menyuburkan rambut atau agar membuat rambut menjadi hitam berkilau. tapi bukan hanya itu saja, urang-aring juga bisa digunakan sebagai cara mengobati ambeien yang efektif. Kandungan urang-aring, yaitu: ecliptine, alfa terthienylmethanol, 2-(Buta-1,3-diynyl)-5-(but-3-en-1-ynyl) thiophene, 2-(Buta-1,3-diynyl)-5-(4-chloro-3-hydroxybut-1-ynyl) thiophene, 5-(3-Buten-1-ynyl)-2,2-bithienyl-5-methyl acetate, wedelolactone membuat urang-aring menjadi obat herbal yang berkhasiat dan mujarab.

Cara mengobati ambeien dengan menggunakan urang-aring adalah :

Untuk diminum :

– Rebus urang-aring hingga matang.
– Minum air rebusannya.

Untuk dioleskan :

-Tumbuk urang-aring hingga halus
– Oleskan pada benjolan.

2. Cara mengobati ambeien dengan akar kangkung

Kangkung, sayuran ini biasanya kita masak dan dimakan, namun ternyata juga bisa digunakan sebagai cara mengobati ambeien. Tapi bukan daunnya yang kita gunakan, kita memanfaatkan bagian batang hingga akarnya. Pada kangkung terdapat zat vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi. Tidak salah lagi dengan adanya banyak kandungan yang banyak manfaatnya bagi tubuh itu juga dapat digunakan untuk mengobati ambeien.

Caranya adalah :

– Ambil batang dan akar kangkung, kemudian cuci bersih
– Rebus dengan 2 gelas air mineral hingga menyisakan 1 gelas air mineral
– Minum air rebusan tersebut setiap hari.

3. Cara mengobati ambeien dengan bunga pagoda

Apakah Anda masih ingat dengan bunga pagoda? Bunga ini seringkali kali kita cicipi semasa kanak-kanak karena adanya rasa manis pada bunga ini. Ternyata rasa manis ini juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati ambeien yang efektif. Ada kandungan: saponindan polifenol, alkaloid, dan flavonoida pada bunga pagoda. 3 kandungan ini dapat berfungsi sebagai anti-peradangan.

Caranya mudah saja :

– Petik beberapa bunga pagoda, kemudian rebus.
– Setelah matang, minum air rebusannya.

4. Cara mengobati ambeien dengan daun ungu

Daun ungu atau daun handeuleum atau Latya Graptophyllum pictum L.Griffith (nama Latin) juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati ambeien yang efektif. Karena daun ungu juga berguna sebagai anti-peradangan yang efektif. Daun ungu mempunyai kandungan alkaloid yang berfungsi sebagai anti-inflamasi.

Caranya :

– Rebus daun ungu secukupnya sampai matang
– Minum rebusan daun ungu tersebut setiap hari untuk mengempeskan benjolan atau ambeien yang terjadi.

5. Cara mengobati ambeien dengan cocor bebek

Tanaman cocor bebek biasanya digunakan sebagai tanaman hias, tapi ternyata cocor bebek juga dapat digunakan sebagai cara mengobati ambeien yang mujarab. Karena terdapat banyak zat-zat dalam cocor bebek yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu: glikosida, damar, biofilin, magnesium malat, kalsium, oksalat, asam formiat, dan tanin. Kandungan-kandungan tersebut yang membuat cocor bebek bisa berfungsi sebagai anti-peradangan yang mujarab.

Cara mengobati ambeien dengan menggunakan cocor bebek adalah :

Pertama, jemur dulu daun cocor bebek hingga benar-benar kering di bawah sinar matahari.
Tumbuk hingga halus kemudian seduh seperti ketika Anda menyeduh teh.
Minum air seduhan tersebut.

6. Cara mengobati ambeien dengan lidah buaya

Kegunaan Lidah buaya memang seringkali dihubungan dengan produk dunia kecantikan, yaitu untuk menyuburkan rambut dan untuk memutihkan kulit. tapi ternyata, lidah buaya juga dapat dimanfaatkan sebagai cara mengobati ambeien yang juga efektif. Zat yang ada pada lidah buaya juga bisa digunakan sebagai anti-oksidan dan detoksifikasi tubuh yang alami. Anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai cara mengobati ambeien dengan cara :

– Ambil beberapa potong daun lidah buaya.
– Cuci bersih lidah buaya terlebih dahulu, lalu diblender.
– Minum jus ini dengan rutin setiap hari.

7. Cara mengobati ambeien dengan daun sirsak

Pada daun sirsak terkandung senyawa yang berguna sebagai anti-bakteri. Sebab itu merupakan pilihan yang tepat jika Anda menggunakan daun sirsak sebagai cara mengobati ambeien secara alami.

Cara mengobati ambeien dengan daun sirsak adalah :

– Siapkan 5 lembar daun sirsak dan 2 gelas air mineral.
– Rebus hingga airnya hanya tersisa 1 gelas saja.
– Minum air rebusannya setiap pagi dan malam.

8. Cara mengobati ambeien dengan kulit manggis

Kulit manggis mengandung banyak xanthone, yang berfungsi sebagai anti-oksidan yang ampuh. Selain itu juga berguna sebagai anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri,anti-jamur, anti-plasmodial. Turunan dari xanthone yang paling banyak terdapat pada kulit manggis adalah alfa-mangistin dan gamma-mangostin. Menurut penelitian yang telah dilakukan, ke dua turunan senyawa xanthone itu berguna untuk menghentikan proses peradangan dengan cara menghambat enzim COX-2 yang merupakan enzim pemicu peradangan.

Cara mengobati ambeien dengan kulit manggis adalah :

– Keringkan kulit manggis terlebih dahulu
– Rebus kulit manggis yang telah dikeringkan tersebut
– Minum air rebusan tersebut setiap hari

9. Cara mengobati ambeien dengan bawang putih

Bawang putih selain berguna sebagai bumbu dapur. Juga baunya yang tidak enak dan menyengat, tapi ternyata bawang putih memiliki banyak manfaat yang berguna dan baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu kegunaan bawang putih adalah sebagai cara mengobati ambeien. Bawang putih mengandung banyak gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin C, kalsium, besi, karbohidrat, serat, allicin, dan sulfida alili. Allicin adalah kandungan yang terbanyak dalam bawang putih. Kandungan ini bermanfaat sebagai anti-oksidan dan anti-bakteri. Karena itulah mengapa bawang putih bisa digunakan sebagai cara mengobati ambeien yang efektif.

Cara mengobati ambeien dengan bawang putih mudah saja :

Tumbuk halus 2 siung bawang putih.
– Oleskan pada benjolan yang ada di sekitar anus.
– Untuk membasmi bakteri dari dalam, Anda bisa melakukannya dengan cara meminum jus bawang putih setiap hari.
– Baik pengobatan dengan cara mengoleskan pada benjolan ataupun dengan cara meminumnya harus dilakukan dengan rutin agar benjolan ambeien cepat kempes.

Itulah cara mengobati ambeien yang efektif dengan memanfaatkan 9 tanaman yang ada di sekitar rumah Anda. Semoga bermanfaat. (sripoku.com/pairat)

Leave a Reply