Manfaat Jalan Pagi Bagi Ibu Hamil

Jalan pagi merupakan salah satu jenis olahraga yang dianjurkan untuk dilakukan oleh ibu hamil, khususnya ketika memasuki trimester akhir. Jalan pagi dipercaya dapat memperlancar proses saat akan memasuki masa persalinan dan merupakan salah satu cara untuk memancing kontraksi pada ibu hamil. Sayangnya banyak sekali ibu hamil yang malah malas bergerak saat hamil, padahal sebenarnya hal tersebut akan merugikan ibu dan janin.

Gerakan yang dilakukan saat jalan pagi bukanlah gerakan yang berlebihan, Moms bisa melakukannya dengan santai. Jadi, jangan sampai Moms melewatkan jalan pagi. Agar Moms semakin yakin bahwa jalan pagi merupakan salah satu aktivitas yang menyehatkan tubuh, berikut adalah penjelasan tentang beberapa manfaat jalan pagi bagi ibu hamil.

Manfaat Jalan Pagi Bagi Ibu Hamil

  1. Mengurangi Risiko Keguguran
    Ibu hamil yang rutin dan teratur bergerak jalan pagi, tubuhnya akan terlihat lebih bugar dan wajahnya terlihat lebih segar dan bercahaya. Jika tubuh ibu hamil sehat, maka dipastikan janin juga akan sehat. Saat jalan pagi, ibu hamil akan menghirup banyak oksigen yang akan dialirkan ke plasenta dan bermanfaat untuk perkembangan serta memperkuat rahim.
  2. Menghadang Peningkatan Kadar Gula Dalam Tubuh
    Saat hamil, biasanya nafsu makan Moms akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, terlebih lagi ibu hamil dituntut untuk banyak mengonsumsi makanan yang bergizi demi tumbuh kembang janin. Kondisi bertambahnya berat badan akan semakin berisiko jika ibu hamil tidak mengimbangi asupan nutrisi ke dalam tubuhnya. Jika hal tersebut terjadi, kemungkinan ibu hamil akan mengalami peningkatan kadar gula yang cukup berbahaya. Untuk mencegah hal tersebut, Moms perlu melakukan jalan pagi secara teratur dan seimbang.
  3. Kondisi Tubuh Akan Tetap Fit
    Manfaat jalan pagi bagi ibu hamil selanjutnya yaitu dapat membuat kondisi tubuh ibu hamil lebih fit dan berenergi. Dengan tubuh yang fit serta berenergi ini tentu akan membuat ibu hamil tidak mudah lelah dan lemas.
  4. Mempermudah Proses Persalinan
    Melakukan jalan pagi secara teratur dan tepat dipercaya akan mampu mempermudah proses persalinan sehingga sangat tepat untuk Moms yang ingin melahirkan secara normal.

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist Editor.

Leave a Reply