Jangan Panik, Lakukan Langkah Ini Jika Gigi Anda Tiba-Tiba Copot atau Patah

– Gigi kita secara struktural akan sangat kuat jika jika dirawat dengan benar dan dapat dengan mudah memakan waktu bertahun-tahun untuk mencapai level keausan. Namun kecelakaan bisa terjadi dan gigi kadang-kadang bisa patah. Jika Anda entah bagaimana telah mematahkan gigi karena trauma, cedera, atau perawatan gigi yang buruk, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk memastikan mulut Anda tetap berada dalam level sesehat mungkin. Tentu saja, memiliki gigi yang patah akan menyebabkan masalah kosmetik yang jelas tetapi dalam beberapa kasus, kepatahan gigi dapat menjadi keadaan darurat serius yang membutuhkan perawatan segera.

Ketika Anda mematahkan gigi, Anda akan mengetahuinya. Masalah ini sangat menyakitkan dan dapat sangat berbahaya bagi kesehatan Anda jika Anda tidak merawatnya dengan benar. Ada berbagai jenis patahan yang dapat Anda derita. Beberapa pasien hanya memiliki serpihan kecil untuk dikhawatirkan sementara yang lain dihadapkan dengan penanganan patah yang besar. Untuk memahami masalah yang terjadi pada gigi yang patah, Anda perlu mengetahui struktur pada gigi.

Semua gigi terdiri dari enamel, dentin, dan pulpa. Enamel adalah lapisan keras gigi, bagian utama gigi adalah dentin dan pulpa adalah tempat saraf dan pembuluh darah berada. Dalam hal kepatahan gigi, penting untuk mengetahui seberapa jauh dampaknya terkena pada gigi.

Dalam kebanyakan kasus ketika orang mematahkan gigi mereka hanya menderita dari sebuah chip yang melepas sebagian dari enamel gigi. Meskipun masih bisa menyakitkan, pecahnya enamel gigi Anda adalah masalah kosmetik. Ketika Anda menderita masalah gigi minor, Anda tidak berada dalam bahaya nyata kehilangan gigi tetapi Anda harus mencari perawatan dari dokter gigi sesegera mungkin untuk melihat apakah ada dentin yang terpapar.

Jika cukup banyak enamel patah, dentin dapat terpapar yang mengarah pada sensitivitas gigi. Jenis kerusakan yang paling buruk yang dapat diderita adalah gigi yang menyebabkan pendarahan yang lebih dari mungkin menunjukkan bahwa impuls tersebut berdampak pada pulpa.

Dalam hal ini, hubungi dokter gigi secepatnya. Ketika pulpa terpengaruh, jaringan saraf di gigi Anda dapat menjadi terinfeksi. Sangat penting untuk mencuci mulut menggunakan air dan menggunakan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Langkah paling aman dalam hal ini adalah mencari bantuan dari sehingga kesehatan mulut Anda tidak terpengaruh dan sehingga infeksi tidak menyebar.

Ketika kita berbicara tentang gigi yang patah, kadang-kadang mengganti enamel dengan bonding gigi adalah cara terbaik untuk memperbaiki masalah, namun beberapa pasien mungkin memerlukan saluran akar dan memasang mahkota gigi. Beberapa yang lain mungkin memerlukan implan gigi jika giginya rusak parah dan tidak dapat diperbaiki.

Jika Anda memiliki masalah dengan gigi Anda baik itu kepatahan ataupun terlalu sensitf, jangan ragu untuk menjadwalkan pertemuan dengan di . Tim ahli klinik kami akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencoba menyelamatkan gigi Anda dan melindungi kesehatan mulut Anda.

 

Leave a Reply