Inilah Perbedaan Antara Tumor dan Kanker

Inilah Perbedaan Antara Tumor dan Kanker

Seringkali kita mendengar istilah tumor dan kanker. Banyak juga yang beranggapan bahwa tumor itu sama dengan kanker, ataupun sebaliknya. Apakah demikian?

Tumor adalah kondisi dimana pertumbuhan sel tidak normal sehingga membentuk suatu lesi atau dalam banyak kasus, benjolan di tubuh. Benjolan ini kadang keras dan kadang mengganggu fungsi bagian tubuh di mana tumor berkembang.Tipe tumor berdasarkan pertumbuhannya dapat dibedakan menjadi tumor ganas (malignant tumor) dan tumor jinak (benign tumor).

Tumor ganas ini sering juga disebut dengan bersifat kanker. Tetapi kemungkinan tumor jinak menjadi ganas bisa saja tapi sangat jarang terjadi, biasanya pada Tumor yang sudah terlalu lama dan besar.

Ketika seseorang bertambah usia, mereka akan mengakumulasi berbagai mutasi (perubahan) di dalam DNA-nya. Ini berarti, terjadinya tumor semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Pada kasus dimana seseorang yang lebih tua menderita tumor, maka besar kemungkinannya bahwa itu adalah tumor yang ganas. Sebagai contoh, jika perempuan berumur 20 tahun memiliki tumor di payudaranya, maka tumor itu kemungkinannya adalah tumor jinak. Namun, jika perempuan berusia 70 tahun memiliki tumor payudara, maka tumor itu kemungkinannya adalah tumor ganas.

Sedangkan kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.

Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Kanker dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua golongan umur, namun lebih sering menimpa orang yang berusia 40 tahun.

Umumnya sebelum kanker meluas atau merusak jaringan di sekitarnya, penderita tidak merasakan adanya keluhan ataupun gejala. Bila sudah ada keluhan atau gejala, biasanya penyakitnya sudah lanjut.

Sahabat Ummi bisa mengetahui bahwa suatu bejolan adalah tumor atau kanker melalui pemeriksaan biopsi, yaitu mengambil contoh jaringan dari tubuh dan lalu melakukan serangkaian tes terhadap contoh jaringan yang diambil.

Jika memiliki tumor sebaiknya langsung menjalani pemeriksaan biopsi untuk mengetahui apakah perkembangan tumor tersebut jinak atau ganas. Dalam hal penanganan dan penyembuhan, tumor dan kanker sangat berbeda. Tumor dapat diatasi dengan melakukan operasi pengangkatan tumor. Sebaliknya, jika kanker membutuhkan waktu perawatan yang lama yang meliputi operasi, kemoterapi, terapi radiasi.

Agar penyakit tersebut tidak hinggap di tubuh kita, sebaiknya kita lakukan pencegahan dengan memeriksa risiko keturunan (salah satu penyebab kanker adalah keturunan), dan melakukan pola hidup yang sehat seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat. Sangat disarankan juga untuk menghindari makanan yang diasap atau dibakar,alkohol, hindari kebiasaan merokok, makanan berlemak serta perilaku seks sehat.

Semoga dengan kita hidup sehat dan melakukan pencegahan sejak dini, kita bisa terhindar dari kanker maupun tumor. (Cucu Rizka Alifah)

Sumber: doktersehat(dot)com, yayasankankerindonesia(dot)org dan berbagai sumber
Ilustrasi: google

 

 

Sumber: ummi-online.com

Leave a Reply