Inilah Buah Yang Sebaiknya Dihindari Oleh Ibu Hamil

Saat hamil, kita wajib menjaga pola maka. Kita harus benar-benar memastikan kalau yang kita konsumsi menyehatkan juga aman untuk si kecil dalam kandungan. Penting untuk mengetahui apa yang sebaiknya dikonsumsi dan apa saja yang harus dihindari.

Termasuk soal mengonsumsi buah-buahan. Meski ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah, ternyata ada jenis buah-buahan tertentu yang sebaiknya dihindari. Hal ini karena buah-buahan tertentu bisa mengganggu sistem imun tubuh ibu hamil serta adanya bakteri yang mungkin bisa membahayakan kesehatan jika dikonsumsi.

Berikut ini beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari saat sedang hamil beserta alasannya. Let’s find out, Moms!

1. Buah Nanas
Buah nanas yang manis dan segar memang menggoda untuk dijadikan rujak atau makanan pencuci mulut. Namun, seperti yang dilansir oleh newhealthadvisor.com, buah nanas dan jus nanas bisa menginduksi persalinan. Kandungan air buah nanas mengandung bromelain, enzim protease yang membantu proses pencernaan protein. Bromelain ini juga dikenal bisa berfungsi untuk menginduksi persalinan(merangsang kontraksi rahim sebelum kontraksi alami terjadi dengan tujuan mempercepat proses persalinan). Jadi, pastikan dulu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi buah nanas, ya Moms.

2. Buah Anggur
Sejumlah pakar bilang kalau buah anggur boleh dimakan saat hamil tapi ada yang kurang menyarankannya. Salah satu pertimbangan kenapa buah anggur kurang aman dikonsumsi ibu hamil adalah karena zat kimia yang disemprotkan pada buah untuk mengusir hama. Selain itu, kandungan resveratrol pada anggur bisa membuat ibu hamil keracunan dan berdampak buruk pada janin.

3. Buah Pepaya Muda
Kalau mau makan pepaya, pastikan makan yang sudah benar-benar masak, ya Moms. Mengonsumsi buah pepaya muda bisa menyebabkan kontraksi rahim. Bahkan konon sebagian wanita di sejumlah negara menggunakan pepaya sebagai salah satu bahan yang dikonsumsi untuk mengaborsi janin di awal kehamilan, meski hal ini masih belum dikonfirmasi dengan pasti. Sekali lagi, sebaiknya konsumsi buah pepaya yang benar-benar matang untuk mendapatkan kandungan vitaminnya.

4. Durian
Buah yang dijuluki sebagai raja buah ini memiliki aroma yang sangat menggoda bagi pecintanya. Namun saat hamil, buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang dilarang untuk ibu hamil. Bukannya tanpa sebab, buah yang kulit luarnya berduri ini memiliki kandungan asam arachidonat serta alkohol yang bisa membahayakan kehamilan. Seperti kelahiran prematur karena kandungan asam arachidonat dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim. Namun mencicipinya sedikit untuk memenuhi rasa ngidam bileh – boleh saja, asal dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit dan wajar.

5. Nangka
Buah yang selanjutnya harus dihindari selama masa kehamilan ialah nangka, hal ini karena sehabis mengkonsumsinya bisa menimbulkan rasa panas di perut. Dan bila dibiarkan bisa menyebabkan perut ibu hamil terasa tidak nyaman. Karenanya meski juga memiliki banyak manfaat, akan tetapi saat hamil lebih baik tunda dahulu keinginan untuk mecicipi buah tropis yang satu ini.

6. Melon
Melon sesungguhnya buah yang sangat kaya akan vitamin dan juga antioksidan yang baik untuk tubuh. Namun ibu hamil dianjurkan untuk menghindari konsumsi buah melon terutama yang berjenis melon merah atau cantaluope. Ini karena kulit luar melon bisa saja tercemar bakteri, khususnya bakteri salmonella yang dapat membuat ibu hamil terancam terkena virus TORCH. Virus tersebut dapat memicu terjadinya kelahiran prematur dan juga cacat pada janin. Karena itu berhati – hatilah saat ingin mengkonsumsi buah – buahan swlama kehamilan.

7. Mangga Matang
Meskipun tidak ada yang salah dengan mengkonsumsi mangga matang selama kehamilan, namun hal tersebut bisa lebih baik dihindari selama trimester terakhir. Hal ini karena mangga yang sudah matang tinggi kandungan gula, dan ini dapat meningkatkan resiko diabetes kehamilan yang dapat menimbulkan beberapa masalah lainnya. Misalnya bisa membuat berat badan janin menjadi besar sehingga sulit dilahir secara normal. Karenanya meski manfaatnya juga banyak tapi hal akan lebih baik bila ibu hamil menunda untuk mengkonsumsi buah ini setelah melahirkan.

8. Kecambah
Kecambah atau tunas dari biji – bijian meski sangat bermanfaat karena kandungan nuttisinya yang cukup bagus. Namun menurut penelitian, agaknya makanan in harusnya dihindari selama kehamilan berlangsung. Karena kecambah sering dimakan segar tanpa melalui proses memasak terlwbih dulu, dikhawatirkan kandungan bakteri Salmonela dan E. Coli didalamnya bisa membahayakan janin. Meski tidak sepenuhnya dilarang, namun jika keinginan memakannyabtak bisa ditahan alangkah lebih baik bila memasaknya hingga benar – benar matang terlebih dahulu. Kecambah. yang dimaksud bisa dari kacang hijau, alfalfa, semanggi dan segala jenis kecambah mentah.

9. Jus Buah Segar
Buah yang dibuat jus memang sangat menyegarkan bila diminum saat siang hari. Tapi ternyata mengkonsumsi jus buah segar ternyata tidak diperbolehkan saat hamil. Jus buah segar tentu dibuat dari buah – buahan yang masih dalam kondisi segar dan yang pasti mentah, ini yang sesungguhnya dikhawatirkan. Karena dalam makanan mentah masih terdapat bakteri yang bisa saja berpengaruh buruk pada kehamilan seperti Salmonela dan E. Coli. Karenanya bila ingin mengkonsumsi jus buah, belilah yang jus kemasan, sebab sudah melalui proses pasteurisasi atau pemananan untuk menghilangkan bakteri.

10. Buah yang Tidak Dicuci
Ibu hamil pasti suka sekali mengkonsumsi buah – buahan, karena mulut yang rasanya pahit kalau makan buah akan terasa lebih segar. Buah yang tidak dicuci dengan bersih dan langsung saja dimakan dikhawatirkan bisa membahayakan janin yang dikandung oleh ibu. Bakteri tersebut bila menyerang tubuh ibu hamil yang rentan, maka bisa meningkatkan resiko keguguran. Dan sesungguhnya bukan buahnya yang dilarang untuk ibu hamil, tetapi prosesnya yang tidak higienis bisa menimbulkan berbagai macam resiko.

Dengan mengkonsumsi buah – buahan tubuh akam memperoleh vitamin dan mineral yang tak bisa dihasilkan oleh tubuh. Tapi saat hamil, disarankan untuk membatasi konsumsi beberapa buah tadi. Sebab efek buruknya cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan manfaatnya untuk kehamilan. Karenanya pilah dan pilih makanan yang tepat agar kehamilan terhindar dari masalah. So, keep your body healty ya. Ladies!

Satu hal penting lagi yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi buah adalah pastikan buah-buahan yang akan dikonsumsi sudah dicuci dengan bersih. Jangan sampai mengonsumsi buah yang masih mengandung pestisida atau bakteri karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan Moms juga bayi dalam kandungan.

Sama halnya jika ingin membuat jus buah, cuci buahnya sampai bersih sebelum dijus. Dan sebaiknya langsung diminum setelah selesai dijus. Tujuannya adalah untuk mencegah tumbuhnya bakteri di dalam jus yang kita minum.

Untuk lebih amannya memang berkonsultasi dengan dokter, ya Moms. Pastikan Moms dapat pengarahan yang tepat soal pola makan terbaik selama kehamilan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Moms dan bayi dalam kandungan.

Leave a Reply