Efek Buruk Terlalu Sering Memakai Masker Wajah

Efek Buruk Terlalu Sering Memakai Masker Wajah

 

Sahabat Ummi, melakukan perawatan wajah memang perlu dilakukan demi mencegah timbulnya kerusakan pada kulit wajah yang tidak diinginkan. Selain itu, melakukan perawatan pada wajah juga membuat wajah menjadi lebih sehat dan segar. Salah satu perawatan wajah yang paling mudah dilakukan sendiri di rumah salah satunya adalah masker wajah. Masker wajah dalam bentuk apapun baik masker wajah pakai maupun yang perlu diracik memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan wajah. Tetapi, tahukah Sahabat Ummi bahwa pemakaian masker terlalu sering dapat menimbulkan dampak buruk bagi wajah? Berikut dampak buruk yang ditimbulkan dari pemakaian masker wajah yang terlalu sering.

1. Kulit wajah menjadi imun atau kebal
Ilya Kamelia, Training Manager The Body Shop Indonesia, mengatakan bahwa penggunaan masker wajah yang terlalu sering dapat menimbulkan wajah menjadi imun atau kebal. Hal ini berpotensi membuat wajah tidak lagi mendapatkan efek dan manfaat dari masker wajah tersebut.

2. Kulit wajah menjadi kering

Mariyani, seorang terapis kecantikan mengatakan penggunaan yang berlebihan serta waktu yang tidak teratur hingga terbawa tidur malam hari, maka akan mengakibatkan kulit menjadi kering. Hal ini disebabkan karena produk masker yang bersifat mengering bila terkena udara dan angina.

3. Kulit wajah kehilangan kelembapannya

Masker wajah yang mempunyai khasiat terbebas dari masalah minyak berlebih dan jerawat juga dapat ikut menyerap kelembapan kulit wajah. Jika penggunaannya yang berlebihan dan setiap hari digunakan maka kulit kehilangan kelembapannya dan menjadi kering.

4. Kandungan alkohol yang memiliki pengaruh terhadap kulit

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa kandungan alkohol yang terdapat dalam masker wajah dapat memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan kulit jika digunakan terlalu lama dan tidak sesuai aturan pakai.

Tetapi jangan khawatir, menurut dr. Eunike Kiki M. Sitompul, pada laman alodokter mengatakan bahwa penggunaan masker yang dibuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami, aman untuk digunakan setiap hari selama tidak menimbulkan alergi bagi kulit.

Selain itu, Jordana Mattioli seorang pakar estetika berbasis di New York, dikutip dari Bustle, mengatakan bahwa kandungan seperti antioksidan, hyaluronic acid, aloe dan vitamin-vitamin, bagus untuk digunakan setiap hari. Menurut dokter kulit dan pakar kecantikan juga menjelaskan, masker yang dapat digunakan setiap hari tergantung dari jenis maskernya. Selama masker yang digunakan memiliki kandungan untuk menghidrasi maka masker tersebut aman untuk digunakan setiap hari.

Dr. Elizabeth Tanzi juga menambahkan bahwa masker dengan kandungan yang tidak disarankan penggunaannya setiap hari yakni yang kandungannya terlalu berat. Kandungan tersebut diantaranya, yang memiliki banyak parfum, eksfoliasi, anti-aging atau kandungan untuk kulit berjerawat yang terlalu keras. Dr. Elizabeth Tanzi juga mengingatkan bahwa penggunaan lebih dari sekali atau dua kali seminggu dapat menimbulkan iritasi. Hindari pula penggunaan berlebihan masker lumpur atau clay mask yang dapat membuat wajah terlalu kering. (Fikriah NurJannah)

Sumber : alodokter(dot)com, doktersehat(dot)com
Ilustrasi: Google

Sumber: ummi-online.com

Leave a Reply