Awas! Bahayakan Kesehatan, Hindari 5 Jenis Buah Ini Saat Konsumsi Obat. Nomor 1 dan 2 Jarang Diketahui

SURATKABAR.ID – Buah dengan kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, ternyata bisa menjadi sangat berbahaya jika kita konsumsi bersamaan dengan obat. Dan sayangnya masih banyak yang tak menyadari risiko negatif dari hal tersebut.

Dilansir Tribunnews.com, dari laman Flickr, pada Jumat (27/7/2018), setidaknya ada lima jenis buah yang disarankan untuk dihindari ketika seseorang sedang mengkonsumsi obat karena dikhawatirkan bisa menimbulkan efek berbahaya. Apa saja?

Apel

Siapa yang tidak menyukai buah satu ini. Teksturnya yang renyah dengan rasa manis menyegarkan bisa membantu menyingkirkan sensasi pahit di lidah ketika sakit. Apel memang baik untuk yang sedang sakit. Namun disarankan memberi waktu setidaknya empat jam setelah minum obat.

Terutama bagi mereka yang sedang diserang demam, alergi, dan asma. Apabila apel dan obat dimakan secara bersamaan atau dalam waktu yang berdekatan, buah ini bisa menjadi penghambat penyerapan khasiat obat ke seluruh tubuh.

Jeruk

Kaya akan Vitamin C, jeruk juga kerap dijadikan sebagai buah yang biasa dibawa saat menjenguk pasien. Ada satu hal yang perlu diperhatikan, yakni mengkonsumsi jeruk setelah obat bisa membahayakan kesehatan.

Ketika jeruk bercampur dengan obat, hal tersebut bisa mengganggu sistem kerja otot. Selain merasakan efek mengantuk berlebihan, makan obat dan jeruk bersamaan bisa sampai menimbulkan halusinasi. Senyawa pada jeruk bali dapat menghalangi penyerapan obat.

Nanas

Tak berbeda dengan jeruk, nanas juga banyak mengandung Vitamin C. Selain dihindari oleh para ibu hamil karena tingginya kandungan Vitamin C di dalamnya, nanas dapat memicu keguguran, buah dengan cita rasa sedikit asam ini berisiko dapat meningkatkan tekanan darah.

Menurut Rana Conway dalam bukunya What to Eat When You’re Pregnant, nanas mengandung enzim bromelain yang bertugas untuk memecah protein. Kandungan inilah yang berperan dalam terjadinya pendaraan pada ibu hamil.

Anggur

Sangat mudah dikonsumsi tanpa perlu mengupas, anggur kerap dipilih sebagai makanan untuk orang sakit. Dibalik rasanya yang manis, anggur menyimpan vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun perlu diingat bahwa anggur juga menyimpan risiko berbahaya bagi kesehatan, karena dapat menghancurkan kandungan di dalam obat. Hal tersebut menyebabkan efektivitas dari obat tak lagi kuat untuk melawan penyakit yang sedang menyerang.

Durian

Rajanya buah dengan aroma menyengat ini masih menjadi favorit banyak orang, meski tak sedikit juga yang menolaknya. Ada banyak nutrisi terkandung di dalam durian, mulai dari Vitamin C, kalsium, hingga zinc yang baik untuk kesehatan mata serta jaringan kulit.

Asam folat di dalam durian dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah yang kaya akan oksigen. Meskipun banyak menyimpan nutrisi baik, durian sebaiknya dihindari ketika sakit. Pasalnya, kandungan methanol, ethanol, sulphur, dan alkoloh di dalamnya bisa berbahaya.

Selain kelima buah di atas, susu juga sangat dianjurkan untuk tidak diminum bersamaan dengan obat, karena bisa mengganggu penyerapan kandungan beberapa obat, seperti obat antibiotik, dan juga suplemen zat besi.

Leave a Reply