7 Bahan Makanan yang Nggak Bikin Gemuk dan Cocok untuk Diet

7 Bahan Makanan yang Nggak Bikin Gemuk dan Cocok untuk Diet

Salah satu masalah yang dialami orang yang sedang diet adalah saat harus menahan lapar. Berikut ini ada 7 bahan makanan yang tidak membuat badan menjadi gemuk. Jadi, untuk Sahabat Ummi yang sedang menjalani program diet, bisa dicoba mengonsumsi makanan berikut ini tanpa takut mengganggu proses dietmu. Apa saja, sih?

1. Telur
Megonsumsi telur dengan cara dan porsi yang tepat dapat membantu proses diet, lho Sahabat Ummi. Karena telur mengandung protein yang tinggi dan lemak yang baik sehingga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Sebuah studi dari Saint Louis University menemukan orang yang sarapan telur mengonsumsi 330 kalori lebih sedikit ketimbang mereka yang makan roti bagel.

2. Gandum
Gandum adalah sumber fiber yang sangat baik. Fiber dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh, mengurangi kolesterol dalam tubuh dan menjaga berat badan agar tetap sehat. Makan produk yang terbuat dari gandum, seperti roti gandum atau sereal, adalah alternatif yang sehat dan baik dibandingkan roti atau sereal biasa.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung banyak protein, fiber, vitamin B, antioksidan, dan sebagainya. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang berdiet sambil mengonsumsi kacang akan membuat tubuh lebih merasa kenyang daripada mengonsumsi makanan lain yang jumlah kalorinya sama.

4. Kentang
Dalam sebuah studi yang mengukur indeks kepuasan dari 38 jenis makanan (termasuk beras merah dan roti gandum), kentang berada di posisi pertama. Mereka yang mengonsumsi kentang mengaku lebih kenyang dan baru makan lagi setelah 2 jam setelah mengonsumsi kentang. Bagaimanapun pengolahannya, kentang tetap kaya akan serat (yang dikandungnya hanya 160 kalori per buah), vitamin, dan nutrisi lainnya.

5. Apel
Buah apel ini mengandung pektin yang fungsinya memperlambat proses pencernaan dan menjadikan rasa kenyang lebih lama. Buah ini juga kaya akan mineral, makan satu buah saja cukup mengenyangkan. Orang yang mengonsumsi satu buah apel setiap harinya akan merasa kenyang lebih lama dan lebih sedikit mengonsumsi makanan berat.

6. Brokoli
Brokoli banyak mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang membantu tubuh menyerap lebih banyak fiber. Fiber sangat baik untuk menjaga tubuh kita kuat dan tetap kenyang, walaupun kita tidak mengkomsumsi banyak kalori. Sebaiknya olah brokoli dengan cara yang benar agar proses diet berjalan dengan baik. Cara terbaik adalah dengan cara direbus.

7. Dark Chocolate
Terakhir, jika Sahabat Ummi ingin mengonsumsi camilan tetapi takut berat badanmu naik, konsumsilah dark chocolate. Riset membuktikan kalau dark chocolate ini dapat mengurangi risiko darah tinggi dan dapat menjaga kesehatan jantung serta otak. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi dark chocolate sebelum makan, mendapatkan 17{3e62270b9b649519a1b744e865aead2c5d3df3f613d23199240a2535e936cabb} kalori lebih sedikit dari mereka yang tidak mengonsumsi cokelat ini.

Itulah 7 bahan makanan yang nggak bikin badan gemuk kalau dikonsumsi dengan porsi yang tidak berlebihan agar berat badan tetap terjaga. Dan tentunya cocok untuk Sahabat Ummi yang sedang dalam proses diet.(Cucu Rizka Alifah)

Sumber: food(dot)idntimes(dot)com dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google

Sumber: ummi-online .com

Leave a Reply