4 Tips Fitnes untuk Wanita Agar Latihan Menjadi Lebih Efektif

tips-fitnes-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Dunia kebugaran atau fitnes bukanlah hal yang asing lagi bagi wanita. Sebab, fitnes tidak hanya soal membentuk otot menjadi kekar, tapi juga bisa digunakan sebagai media kebugaran serta menurunkan berat badan. Oleh karenanya, saat ini begitu banyak wanita yang mengikuti fitnes di berbagai pusat kebugaran.

Namun, tidak sedikit pula yang merasa tak nyaman ketika mengikuti fitnes dengan berbagai alasan. Dengan dalih tersebut, akibatnya membuat mereka enggan untuk latihan lagi. Sebab, bagaimanapun juga fitnes adalah latihan yang harus dilakukan secara konsisten dan membutuhkan waktu lama. Untuk itu, bagi setiap pemula ada baiknya untuk mengetahui beberapa tips fitnes bagi wanita berikut ini:

1. Memiliki Target

Saat bergabung ke dunia kebugaran, Anda harus menentukan apa target Anda. Misalnya Anda ingin menurunkan berat badan, maka Anda harus berlatih dengan metode serta teknik yang tepat. Sebab, jika sampai salah latihan, maka hasilnya pun tidak akan maksimal yang akhirnya hanya membuat Anda kecewa.

2. Carilah Pembimbing

Walaupun Anda tidak ingin memiliki instruktur pribadi, tapi Anda juga harus menggali informasi tentang dunia kebugaran dari yang berpengalaman. Sebab, bagaimanapun juga ada berbagai teknik serta alat pada pusat kebugaran. Jika Anda salah dalam latihan, bisa membuat cidera otot yang akhirnya menimbulkan rasa enggan untuk latihan kembali.

3. Gunakan Pakaian yang Sesuai

Hal ini penting dan sering disepelekan oleh sebagian besar wanita saat mengikuti fitnes. Perlu diketahui, pakaian yang Anda kenakan saat fitnes akan memengaruhi kenyamanan Anda dalam berlatih. Tidak sedikit kasus terjadi, wanita yang salah mengenakan pakaian membuatnya menjadi risih dan tak bisa bergerak bebas sehingga latihan tidak menjadi maksimal.

4. Ukur Kemampuan

Bagi pemula, ada baiknya untuk tidak terlalu terobsesi pada target pribadi. Sebab, biasanya pemula memang sangat semangat sehingga terkesan memforsir tubuh. Akibatnya, tubuh akan menjadi sangat pegal dan rentan terkena cidera otot. Untuk itu, ketahuilah kemampuan tubuh Anda agar bisa berlatih sesuai dengan kemampuan dan batas wajar.

tips-fitnes-doktersehat
photo credit : pexels.com

Sumber:doktersehat.com

Leave a Reply